Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil Kelamin

Bagaimana Cara Menghilangkan Kutil Kelamin - Penyakit ini juga dikenal dengan nama kondiloma, atau penyakit menular seksual yang dapat menimbulkan kutil berupa benjolan pada organ kelamin seksual. Seperti namanya, kutil kelamin adalah pertumbuhan berupa letupan yang terjadi pada organ kelamin sekssual dan disebabkan oleh transmisi virus selama penderita melakukan seks anal, vagina atau oral. Setelah virus dilewatkan, maka benjolan akan mulai muncul pada penis, di dalam dan sekitar vagina atau kadang-kadang di pembukaan rahim.

Kebanyakan orang yang terinfeksi oleh virus kutil genital bahkan tidak menyadarinya. Hal ini karena virus ini tidak cukup kuat untuk menciptakan kutil yang dapat dilihat pada permukaan penis. Namun dalam kasus di mana virus memiliki kehadiran yang kuat, maka gejala dapat diamati pada kulit penis atau organ kelamin lainya.

Selain itu, penyakit ini juga dapat ditularkan melalui penggunakan handuk yang terinfeksi atau dari ibu hamil kepada bayinya, meskipun hal ini jarang terjadi.

Mengenai tindakan pencegahan penyakit ini, para ahli kesehatan menyatakan bahwa penyakit kutil kelamin ini bisa berakhir dengan sangat serius. Dalam kebanyakan kasus penderita bisa saja tidak merasakan nyeri tetapi hal paling terasa dari penyakit memalukan ini adalah kondisi emosional penderita ketika sedang bersama pasangan seksualnya. Karena itu maka tanpa diragukan lagi, pasangan atau individu yang aktif secara seksual perlu mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kutil kelamin. Dalam kasus yang jarang terjadi juga kadang penderita perempuan yang memiliki kutil kelamin juga berakhir dengan pertumbuhan sel kanker pada rahimnya atau dikenal dengan nama kanker serviks.

Maka sebagai tindakan pencegahan yang disarankan adalah terlebih dahulu penderita harus didiagnosis dengan metode Pap smear secara teratur dan dilakukan oleh ahli klinis sekitar enam bulan. Dengan metode pemeriksaan ini tentunya akan membuat penderita merasa lebih aman. Tapi situasi juga bisa menjadi semakin kritis jika penderita sedang hamil. Menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks tidak hanya merupakan metode yang efektif untuk menghindari terjadinya kutil kelamin tetapi juga merupakan sarana yang baik seks yang aman.

Perlu juga diketahui bahwa kanker serviks mungkin tidak menjadi ancaman prospektif jika penderita bukanlah seorang perokok, karena itu juga merokok adalah faktor resiko yang bisa menyebabkan penyakit ini akan bertambah parah, selain bisa juga disebabkan oleh pasangan seks, hubungan seksual pada usia dini dan riwayat infeksi HIV. Metode diagnosis lainya yang dapat dilakukan oleh seorang dokter adalah dengan mendeteksi kutil kelamin menggunakan metode swabbing kulit dengan asam asetat. Hal ini kemudian akan memperlihatkan bercak putih pada kulit rusak atau pertumbuhan kutil.


Genital wart Pengobatan:


Siro merupakan sarana yang baik untuk menghilangkan kutil dengan membekukan mereka atau dengan menggunakan laser. Namun, Anda harus menyadari bahwa genital warts harus dibedakan dari kutil yang umumnya muncul pada tangan. Jadi, dengan menggunakan bahan kimia tanpa resep apapun dapat berbahaya bagi kulit kelamin.


Operasi kecil adalah pilihan yang baik jika dokter telah mencoba perawatan laser dan pembekuan. Lamanya pengobatan tergantung pada derajat dan jumlah kutil kelamin. Jika virus adalah pendatang yang relatif baru dalam tubuh maka durasi pengobatan yang relatif kurang dan sebaliknya butuh waktu beberapa bulan untuk menyembuhkan. Jika Anda memiliki pertanyaan dalam hal ini maka hubungi dokter Anda dan menghindari penumpukan ini kutil yang tidak diinginkan.


Bahkan setelah pengobatan awal selesai, Anda tidak bisa yakin bahwa kutil tidak akan mengganggu Anda lagi. Hal ini disebabkan fakta bahwa pengobatan hanya menghilangkan kutil kelamin, tetapi tidak menghapus virus setelah Anda terkena itu. Virus tetap tinggal dalam kulit bahkan setelah perawatan. Oleh karena itu berulang kali dianjurkan untuk menggunakan kondom karet saat melakukan hubungan seks, baik vaginal atau dubur.


Sumber: www.online24jam.net/apa-kutil-kelamin-bisa-disembuhkan-2/

Write a comment

Comments: 0